Saturday, March 14, 2015

Galaksi Bimasakti

                  Galaksi Bimasakti


Galaksi Bimasakti (Milky Way) adalah galaksi dimana sistem tata surya kita berasal. Galaksi Bimasakti berbentuk cakram dengan garis tengah kurang lebih 100.000 tahun cahaya dan tebal 1000 ly, dengan Matahari berada pada jarak 30.000 ly dari pusatnya. Bagian tengahnya (bulge) menggembung seperti bola rugby berdiameter sekitar 15.000 ly pada lintangnya dan 20.000 ly pada bujurnya. Semua bintang yang dapat kita lihat pada langit malam berada dalam galaksi Bimasakti. 

Matahari mengelilingi pusat galaksi dengan kecepatan sekitar 220 km/s. Waktu yang diperlukan Matahari untuk sekali mengedari pusat galaksi adalah 240 juta tahun, dikenal sebagai Tahun kosmis (cosmic year). Karena umur Matahari diperkirakan sekitar 4,6 – 5 milyar tahun, berarti Matahari telah mengelilingi pusat galaksi sebanyak 20 putaran lebih
Galaksi kita berbentuk spiral batang (SB), yang terdiri dari milyaran bintang. Pada bagian disk umumnya ditemukan bintang bintang muda dan MAB, sedangkan pada bagian bulge umumnya terdapat bintang-bintang tua dan sangat sedikit MAB

Di beberapa tempat kita bisa melihat beberapa bintang yang bergerombol.  Gerombolan bintang ini disebut gugus bintang. Anggotanya bisa hanya beberapa ratus tetapi ada juga yang sampai ratusan ribu bintang. Ada dua macam gugus bintang, yaitu gugus galaktik (galactical cluster) yang terletak pada disk dan gugus bola (globular cluster) yang terletak pada halo

Gugus galaktik anggotanya tidak terlampau banyak dan bentuknya kurang simetris sedangkan gugus bola lebih banyak anggotanya dan bentuknya simetris. Gugus galaktik umumnya dihuni oleh bintang-bintang muda yang kebiruan (populasi I) dan terletak di sekitar lengan galaksi. Adapun gugus bola dihuni oleh bintang-bintang tua yang kemerahan (populasi II) dan terletak di luar cakram galaksi.

 Galaksi Bimasakti kita bukanlah satu-satunya galaksi di alam semesta. Bermilyar-milyar galaksi lain ada di dalam alam semesta. Galaksi-galaksi yang berdekatan dikelompokkan menjadi gugus galaksi (cluster), sedangkan cluster-cluster ini secara longgar berkelompok dalam struktur yang lebih besar yang disebut super-gugus (super cluster).

Galaksi kita beserta galaksi Andromeda (M31), Awan Magellen Besar (LMC) Awan Magellan Kecil (SMC), Sagittarius dSph, Sculptor dSph, M94, M101, M33, NGC 300, NGC247, dan Triangulum beserta galaksi dekat lainnya digolongkan sebagai gugus lokal, terdiri lebih dari 30 galaksi yang terletak dalam pinggiran super gugus Virgo, yang pusatnya sekitar 50 juta tahun cahaya dari kita.


Ruang di antara bintang tidak kosong tetapi terisi oleh gas dan debu antar bintang. Di beberapa tempat gas dan debu ini terdapat dalam konsentrasi tinggi dan dapat dilihat sebagai nebula, yang merupakan dapur pembentukan bintang.

Sumber@Buku : Astronomi dan Astrofisika rev.3-Galaksi dan Alam Semesta  (by. Sunkar Eka Gautama)
                Status : Modified

0 komentar:

Post a Comment