Tuesday, October 13, 2015

Download : Tabel Periodik Unsur-Unsur Kimia (Extra)


Hai sahabat HIY, kali ini HIY bakal share sesuatu yang berkaitan dengan kimia. Ya, kimia.. berhubung ini materi kimia perdana. Kita bakal mulai dari materi yang simple, yaitu Unsur-Unsur Kimia.





Unsur kimia, atau hanya disebut unsur, adalah zat kimia yang tidak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih kecil, atau tidak dapat diubah menjadi zat kimia lain dengan menggunakan metode kimia biasa. Partikel terkecil dari unsur disebut atom.
 



Sebuah atom terdiri atas inti atom (nukleus) dan dikelilingi oleh elektron. Ada banyak teori yang menggambarkan bagaimana penampakkan atom itu sendiri. Inti atom terdiri atas sejumlah proton dan neutron. Hingga saat ini, diketahui terdapat kurang lebih 117 unsur di dunia.

Setiap unsur memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda satu sama lain. Sebelum masuk ke penjelasan lebih mendalam tentang unsur kimia, ada baiknya sahabat HIY mengenal dulu apa saja yang termasuk unsur kimia itu sendiri. Untuk mempermudah mengenal dan menghafal unsur-unsur kimia ini, dikenal suatu tabel yang disebut Tabel Periodik.



Tabel periodik unsur-unsur kimia merupakan tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut diatur berdasarkan struktur elektronnya sehingga sifat kimia unsur-unsur tersebut berubah-ubah secara teratur sepanjang tabel. Setiap unsur didaftarkan berdasarkan nomor atom dan lambang kimia (lambang unsurnya).

Tabel Periodik standar memberikan informasi dasar mengenai suatu unsur. Ada juga cara lain untuk menampilkan unsur-unsur kimia dengan memuat keterangan lebih atau dari persepektif yang berbeda.


 
Nah, yang bakal di share HIY ini jenis Tabel Periodik yang bisa dibilang penuh keterangan pelengkapnya, sampai kelebihan muatan, hehe.

Beberapa keterangan yang ada di Tabel Periodik ini antara lain :

  Ø Lambang kimia
  Ø Titik Curie
  Ø Konfigurasi Elektron
  Ø Elektronegativitas (Allred + Rochow)
  Ø Jumlah Isotop
  Ø Titik Tripel
  Ø Titik Lebur
  Ø Titik Didih
  Ø Konduktivitas Listrik
  Ø Konduktivitas Termal
  Ø Fungsi Kerja
  Ø Potensial Elektroda
  Ø Bilangan Oksidasi
  Ø Jumlah Isotop
  Ø Massa Atom
  Ø Entalpi Peleburan
  Ø Panas Penguapan
  Ø Magnetisme
  Ø Nomor atom
  Ø Stabilitas
  Ø Radius Van Der Waals
  Ø Radius Kovalen
  Ø Nomor Koordinasi
  Ø Kapasitas Panas Spesifik
  Ø Transisi-Suhu Maksimum
  Ø Keadaan Fisik Unsur pada suhu 20 derajat celcius
  Ø Struktur Kristal
  Ø Massa Jenis dalam Kondisi Normal
  Ø Air Kimia untuk Oksida
  Ø Volume Anomali Selama Leleh
  Ø Frekuensi Relatif dalam Tata Surya
  Ø Kritis Magnet Lapangan
  Ø Nama Unsur

   Dll

Singkat cerita, langsung download aja Tabel Periodiknya disini.
Semoga Bermanfaat.

*Jika ada link download yang bermasalah, silahkan sampaikan kendala yang dihadapi sahabat HIY di kolom komentar. Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment