Tuesday, June 2, 2015

Blood4LifeID : Setetes Darah Kita Berarti Untuk Mereka

    Blood For Life Indonesia (BFL) merupakan sebuah komunitas, yang dengan sukarela membantu orang lain yang membutuhkan darah. Menjadi jaringan penghubung antara orang yang membutuhkan darah tadi, dengan orang yang bisa dan mau mendonorkan darahnya. Didirikan oleh Valencia M. Randa atau yang lebih dikenal melalui akun twitternya @JustSilly, pada tanggal 19 Maret 2009.

    Awal movement Blood For Life Indonesia dimulai dari Mailing List (milis), dengan jumlah 44 orang anggota dari pembaca blog pendirinya. Dan sekarang menggunakan social media Facebook dan Twitter @Blood4LifeID yang followersnya mencapai 50.000 lebih Followers.

Tujuan Blood For Life Indonesia

   Blood For Life Indonesia didirikan untuk menutupi kekosongan Palang Merah Indonesia (PMI). Ketika stok darah PMI yang di butuhkan pasien itu kosong, kerabat pasien akan diminta untuk mencari orang yang darahnya sesuai dengan yang dibutuhkan. Untuk membantu pencarian itu, kerabat pasien dapat meminta bantuan kepada BFL.

     Blood For Life Indonesia pernah mendapatkan penghargaan Strong Movement in Blood Donation, by US Embassy di tahun 2011, dan juga penghargaan Web HERO by Google Chrome Singapore di tahun yang sama. Pernah juga diundang sebagai bintang tamu diacara Kick Andy bersama Ketua Palang Merah Indonesia, bapak Jusup Kalla.

Program-Program Blood For Life Indonesia

Yayasan (Sahabat) Valencia Peduli

   Pada tanggal 11 Desember 2013 lalu, telah dibentuk pengurus kecil untuk melegalkan gerakan @Blood4LifeID ini dalam bentuk Yayasan. Yayasan ini didirikan untuk memayungi pergerakan-pergerakan sosial yang dilakukan oleh pendiri Blood For Life Indonesia. Seperti Blood For Life Indonesia, BFL Actions, Blooderhood, Saudarah Indonesia, dan juga Rumah Harapan yang membantu pendidikan anak anak jalanan.

     Blood For Life Indonesia, BFL Actions, Blooderhood, dan Saudarah Indonesia merupakan 
pergerakan yang saling terintegrasi untuk mempermudah anggota dan orang lain bisa saling membantu. Terutama membantu dalam hal pemenuhan kebutuhan darah dan pemenuhan biaya penyembuhan.

BFL Actions & BFL Campus (Relawan Sosial)

    BFL Actions merupakan kumpulan Relawan BFL yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, menjadi perwakilan BFL yang ada di kota kota di Indonesia. Tidak hanya relawan untuk pemenuhan kebutuhan darah, tapi mereka juga melakukan aksi-aksi sosial yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar yang membutuhkan.


   Dibawah BFL Actions, akan ada yang namanya "BFL Campus" yang merupakan komunitas relawan BFL yang basisnya ada di kampus. 

Misi dari BFL Campus adalah:

      Mensosialisasikan pentingnya Donor Darah untuk diri sendiri dan orang lain yang membutuhkan.
Membuat acara Donor Darah dikampus bersama KSR (Korps Suka Rela ) PMI di kampus (Jika ada).
Menjadi relawan BFL untuk terjun kemasyarakat yang membutuhkan bersama relawan BFL yang lain, terutama saat terjadi bencana alam.

     Untuk mendaftarkan diri sebagai Relawan BFL Actions atau BFL Campus, dapat mengisi form pendaftaran di www.Blood4LifeID.com/relawan

Saudarah Indonesia (Blood Type Community)

    Manusia memiliki tipe darah yang berbeda, ada tipe darah A, B, O, dan AB. Dan untuk saat ini, tipe darah yang ditransfusi harus sama tipenya dengan darah pasien. Untuk mempermudah pencarian orang yang memiliki darah yang sama, maka dibuatlah Saudarah Indonesia yang merupakan sub komunitas dari BFL.

    Sub Komunitas yang mengumpulkan orang berdasarkan golongan darahnya, diharapkan setiap cluster golongan darah disetiap kota melakukan Gathering Offline secara rutin. Fungsinya agar mereka bisa saling mengenal dan akrab satu dengan yang lain.

      Dengan begitu, ketika salah satunya membutuhkan transfusi darah dan stok darah di PMI kosong, mereka tau siapa saja yang bisa dimintai pertolongan. Jika dari Saudarah-nya tidak ada yang bisa mendonorkan, baru menghubungi admin BFL untuk dicarikan orang dengan tipe darah yang dibutuhkan.

Blooderhood (Donation)

   Semua pergerakan sosial membutuhkan biaya untuk membantu bergerak, termasuk gerakan gerakan yang ada dibawah Yayasan. Agar dapat membantu lebih banyak orang lagi, maka dibentuklah Blooderhood yang merupakan kumpulan para donatur tetap dari yayasan.

     Donasi yang terkumpu nanti juga akan disalurkan kepada orang-orang yang sedang menderita penyakit yang berhubungan dengan darahnya. Seperti Thalassemia, ITP, Kanker Darah, dll.



Donasi dapat disalurkan ke Rekening (sementara) Blood4LifeID :

Bank Central Asia KCP. Kalimalang - Jakarta Timur
No. Rek 2302330213 (a/n) Mayke Randa / Ferdian Kelana

Bank Mandiri KCP. Pondok Kelapa - Jakarta Timur
No. Rek 1660001022920 (a/n) Mayke Randa / Ferdian Kelana

Konfirmasi ke email Blood4LifeID@gmail.com atau SMS/WA 08891476099 (Ferdian)

Rumah Harapan (Rumah Singgah Pasien Anak)

    Banyak pasien anak dari daerah di rujuk ke RSCM Jakarta, yang membuat pasien kehabisan tempat/kamar disana. Bahkan ada yang sampai menginap di lorong rumah sakit, karena tidak mendapatkan kamar.

  
    Banyak diantara pasien itu, dari keluarga yang tidak mampu dan tidak memiliki keluarga di Jakarta. Kalau pun ada, kondisi rumah saudaranya tidak layak untuk tinggal pasien anak ini. Maka dari itu, founder BFL membuat Rumah Harapan dengan menyewa rumah di daerah Tebet sebagai tempat singgah pasien anak dari keluarga kurang mampu.

   Rumah Harapan ini juga berfungsi sebagai kantor sekretariat dari Yayasan dan tempat berkumpulnya para Relawan BFL.

Alamat Rumah Harapan & Yayasan (Sahabat) Valencia Peduli

Jl. Tebet Timur II B no.1
Jakarta Selatan - Indonesia.

Contact Information

Email     : Blood4LifeID@gmail.com

0 komentar:

Post a Comment