Monday, June 1, 2015

Rumah 1001Buku : Relawan dan Pengelola Taman Bacaan Anak

   


    1001buku merupakan organisasi nirlaba, sebuah jaringan relawan dan pengelola taman bacaan anak yang didirikan di Jakarta pada bulan Mei 2002. Berangkat dari keprihatinan atas kurangnya ketersediaan akses atas bahan bacaan bagi anak-anak Indonesia, 1001buku melakukan pengumpulan dan pendistribusian bahan bacaan anak dan saran pengembangan kreativitas anak dari masyarakat. 

    Sejalan dengan perkembangannya, 1001buku memfasilitasi penguatan taman-taman bacaan anak yang tergabung dalam Jaringan Taman Bacaan Anak 1001buku.

    Pada tahun 2006, 1001buku resmi menjadi sebuah Yayasan, dengan tetap berbasiskan komunitas relawannya sebagai roda penggerak kegiatannya. Keterpaduan bentuk ini membuat 1001buku diyakini dapat membuat 1001buku memiliki bentuk tanggung jawab yang lebih baik kepada masyarakat, tanpa harus kehilangan fleksibilitasnya sebagi komunitas yang berbasiskan relawan.

    Sepanjang perjalanannya, ratusan taman bacaan anak di pelosok nusantara telah terlayani, tumbuh dan berganti. Puluhan ribu buku bacaan telah dinikmati oleh anak-anak Indonesia. Ribuan relawan telah mempunyai kesempatan saling menularkan semangat kepedulian memajukan anak-anak Indonesia yang kerap kali terpinggirkan.

Sejarah 1001Buku

    1001buku didirikan pada bulan Mei 2002 oleh Upik Djalins, Ida Sitompul dan Santi Soekanto, tiga perempuan yang sangat prihatin atas terbatasnya akses sebagian besar anak Indonesia pada buku berkualitas. 1001buku lahir dengan harapan bahwa kontribusinya dapat membantu taman-taman bacaan anak komunitas mengantarkan ribuan buku untuk anak-anak; buku-buku yang akan membawa anak-anak itu menuju 1001 imajinasi laiknya kisah 1001 malam. 

    Setelah berkiprah dalam bentuk Komunitas berbasis relawan selama hampir 4 tahun, pada Oktober 2006, 1001buku memantapkan diri untuk berbadan hukum sebagai Yayasan agar menjadi institusi yang lebih profesional, bertanggung jawab dan bertanggung gugat terhadap masyarakat sambil tetap mengakomodasi bentuk keunikan Komunitas 1001buku yang berbasis relawan. Setelah melalui berbagai macam pasang surut, Yayasan 1001buku akhirnya terbentuk secara resmi pada tahun 2012.

Kepengurusan 1001Buku

Badan Pembina :

Upik Djalins
Adi Rasti
Pudji Astuti
Gustya Indriani
Rizal Akhadiat
Ririn S.

Badan Pengawas :

Ady Makhdi
Indra Sumbodo
Ariyo Faridh
  
Badan Pengurus :

Ketua Yayasan dan Komunitas : Dwi Andayani (Dway)
Sekretaris & Legal:                      Ganjar Wibowo (Ganjar)
Tim Keuangan:                            Rizal Arryadi (Ical), Rahayu Iswara (Ayu)
PJ Kesekretariatan:                      Agustina Handoko (Tina)
Tim Perpustakaan:                       Agustina Handoko (Tina), Fajar Yusuf (Fajar)
Tim SPD:                                     Muhammad Akbar (Akbar), Wahab
Tim Rumah 1001buku:                Amalia Hamidi (Amel), Ita HM (Tata)
PJ Kerelawanan:                          Ama Erithia (Ama), Merryl Floretha (Merryl), Gusnita
PJ Eksternal:                                Sandi Taruni (Uni)
Tim Fundraising:                         Kun Mawarno (Kun), Josi Dewi (Josi)
Tim Markom:                              Lucia Priandarini (Rini), Zaliansyah (Zali)
PJ Litbang :                                 Rizal Arryadi (Ical)

Kegiatan-Kegiatan 1001Buku

Taman Baca Anak

Salah satu kegiatan inti dari 1001buku adalah melakukan pembinaan ke perpustakaan dan taman bacaan anak yang ada di seluruh Indonesia, dengan melakukan pengembangan kapasitas dan menyalurkan bahan bacaan sumbangan masyarakat secara reguler.

Jaringan Taman Bacaan Anak 1001buku merupakan sebuah wadah bagi beragam taman bacaan swadaya masyarakat untuk saling memberi dalam mewujudkan misinya. Yayasan dan Komunitas 1001buku berkomitmen untuk memfokuskan diri dalam memberikan pembinaan melalui berbagai kegiatan untuk menggiatkan anggota jaringan. Tiap taman bacaan dapat mendaftarkan diri untuk bergabung, dan bersama-sama melangkah maju bersama 1001buku.

Selain itu, sejak Oktober 2014 Komunitas 1001buku juga mengembangkan sebuah taman baca kecil di Rumah 1001buku, tempat kegiatan kerelawanan komunitas dipusatkan. 

Book Drop Box

 Book Drop Box (BDB) adalah salah satu cara pengumpulan buku dari publik dengan ditempatkannya kotak-kotak di berbagai lokasi strategis. Book Drop Box di lokasi tertentu dikelola oleh seorang atau lebih relawan yang bekerja atau berdiam di sekitar lokasi tersebut. Seluruh Book Drop Box dikelola sepenuhnya oleh relawan-relawan yang menjadi bagian dari organisasi bernama 1001buku.

 Buku yang berhasil dikumpulkan dari seluruh BDB akan selanjutnya diproses dengan kegiatan Sort-Pack-Distribute (SPD) yang dilakukan secara berkala oleh 1001buku. Pada akhirnya, buku-buku sumbangan masyarakat akan sampai ke taman-taman bacaan yang ada di seluruh nusantara. 

Bagaimana anda bisa membantu?

1. Berikan buku, majalah, dan bahan bacaan anak lain, baru maupun bekas (non pelajaran). Sumbangkan melalui Book Drop Box terdekat di sekitar anda. Jika tidak ada Book Drop Box di sekitar anda, hubungi tim Book Drop Box untuk pengiriman atau penjemputan buku dengan jumlah tertentu.

2. Izinkan setidaknya satu Book Drop Box diletakkan di tempat/ area anda beraktivitas atau adakan pengumpulan buku di wilayah/ lokasi strategis. Untuk info lebih lanjut mengenai Book Drop Box, pengajuan pembukaan Book Drop Box dan donasi buku silakan hubungi Hotline Book Drop Box 1001buku. 

Sort Pack Distribute

 Sort-Pack-Distribute (SPD) merupakan sebuah kegiatan rutin 1001buku untuk mengumpulkan buku-buku sumbangan masyarakat yang telah terkumpul dari berbagai sumber, memilah-milahnya untuk memastikan bahwa buku-buku tersebut layak disumbangkan dan tepat sasaran, melakukan pengepakan, serta melakukan pengiriman ke taman-taman bacaan yang telah dimasukkan waiting list untuk mendapatkan sumbangan buku.

 Kegiatan ini seringkali menjadi ajang bertemu untuk para relawan yang memiliki kepedulian yang sama, yaitu untuk memastikan bahwa anak-anak Indonesia di manapun bisa mendapatkan bacaan yang bermutu.

Kampanye Literasi dan Minat Baca

Kampanye Literasi dan Minat Baca merupakan salah satu bentuk aktivitas 1001buku dalam usahanya mencapai misi 1001buku untuk membuat anak-anak Indonesia gemar membaca. Ketersediaan bahan bacaan bukanlah jaminan bahwa seorang anak akan terbuka matanya akan keindahan dunia yang disajikan oleh pelangi yang ditawarkan oleh buku-buku yang melimpah. Dengan demikian, sesekali 1001buku ikut serta baik secara aktif dalam menggiatkan kebiasaan membaca untuk anak Indonesia.

1001buku acap kali ikut serta dalam event-event yang diadakan oleh para sponsor dan rekanan. Pameran-pameran, acara-acara CSR perusahaan, atau bahkan kegiatan-kegiatan kecil penguatan relawan, merupakan sarana yang pernah digunakan 1001buku untuk senantiasa membuka mata masyarakat betapa pentingnya budaya baca bagi anak Indonesia.

Kampanye Kerelawanan

Kampanye kerelawanan merupakan salah satu bentuk aktivitas 1001buku dalam usahanya mencapai misi 1001buku untuk membuat masyarakat Indonesia menyisihkan waktunya untuk memberikan perubahan. 

1001buku acap kali ikut serta dalam event-event yang diadakan oleh para sponsor dan rekanan. Pameran-pameran, acara-acara CSR perusahaan, atau bahkan kegiatan-kegiatan kecil penguatan relawan, merupakan sarana yang pernah digunakan 1001buku untuk senantiasa menyadarkan pentingnya semangat kerelawanan menjadi budaya hidup di Indonesia.

Rumah 1001Buku

Rumah 1001buku merupakan sebuah taman baca yang dikelola langsung oleh Komunitas 1001buku. Bertempat di sebuah rumah yang ditempati untuk melakukan berbagai kegiatan 1001buku, Rumah 1001buku tadinya berfungsi sebagai sekretariat dan tempat penyimpanan buku-buku sumbangan masyarakat sebelum disortir dan didistribusikan ke taman-taman baca di seluruh Indonesia. Mengingat tempat ini selalu menjadi surga buku bagi anak-anak sekitar, maka dibentuklah taman baca yang dinamakan Rumah 1001buku.

Rumah 1001buku dibuka tiap hari Kamis-Minggu tiap harinya, pukul 10.00-17.00 WIB.

Data Taman Bacaan 

  Berikut adalah daftar taman bacaan/perpustakaan yang berada di jaringan taman bacaan anak 1001buku, dan dinyatakan masih aktif dan beroperasi. Alamat lengkap sengaja tidak ditampilkan untuk menjaga privacy dan mencegah disalahgunakannya informasi yang ada. Dengan dinamika yang ada, Komunitas 1001buku tidak menjamin akurasi keberadaan, keaktifan dan kekinian data yang ditampilkan di bawah ini. 

Urutkan berdasarkan: 

Nomor Keanggotaan - Area - Nama Perpustakaan 

001/TBA-1001buku
Rumah 1001buku - Manggarai, Jakarta Selatan

005/TBA-1001buku
Pustakaloka Rumah Dunia - Hegar Alam, Serang

006/TBA-1001buku
Taman Bacaan Uyah - Kramat Jaya Baru, Johar Baru

008/TBA-1001buku
Taman Bacaan Sanggar Barudak, Komunitas Bete Tegal Gundil - Bantar Jati, Bogor

018/TBA-1001buku
Perpustakaan Urang Sunda (KUSNET) - Itenas, Bandung (Sekretariat)

031/TBA-1001buku
Melati Taman Baca - Ampera II, Jakarta

054/TBA-1001buku
Sanggar Paksi Safa Kawijayan - Cipinang Pulo Maja, Jatinegara, Jakarta Timur

086/TBA-1001buku
Warung Baca Lebak Wangi (Warabal) - Lebak Wangi, Parung, Bogor

097/TBA-1001buku
Rumah Pelangi - Dusun Kadirojo, Muntilan

099/TBA-1001buku
Mentari (PKBM) - Matraman, Jakarta Timur

101/TBA-1001buku
Taman Bacaan Mutiara Ilmu - Gunung Putri, Bogor

103/TBA-1001buku
Perpustakaan Kurakura Beach - Desa Tanjung Gundul, Bengkayang, Kalbar

109/TBA-1001buku
Pustaka Keliling Pulau (PKP) - Tiban BTN, Batam

111/TBA-1001buku
Roemah Poestaka - Cengkareng Timur, Jakarta Barat

112/TBA-1001buku
FEDUs - Vila Bekasi Indah 2, Tambun, Bekasi

114/TBA-1001buku
Taman Bacaan Himmata - Plumpang, Jakarta Utara

117/TBA-1001buku
Saung Pasaka Winaya - Citeureup, Bogor

120/TBA-1001buku
Gubug Belajar IPPA Rawamalang - Kampung Rawamalang, Cilincing, Jakarta Utara

121/TBA-1001buku
Kedai Baca Lentera - Tombo, Bandar, Batang, Jawa Tengah

122/TBA-1001buku
Kelompok Belajar SUMBANGSIH - Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara

123a/TBA-1001buku
Taman Bacaan YUM - Banturung, Palangkaraya, Kalteng

125/TBA-1001buku
Al Ittihad - Desa Krenceng, Kediri

126/TBA-1001buku
Grobak Ilmu Kibar (Kelompok Indonesia Belajar) - Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

132/TBA-1001buku
Perpustakaan Rumah Alir - Swaramahardika, Mataram, NTB

133/TBA-1001buku
Bale Baca Cikal 08 - Cipinang, Jakarta Timur

138/TBA-1001buku
Perpustakaan Kampung BS 01 - Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara

139/TBA-1001buku
Serambi Baca - Jatiasih, Bekasi

140/TBA-1001buku
Pustaka Rumah Kita Gangga - Pitara, Depok

145/TBA-1001buku
Yayasan Alang-alang - Mega Mendung, Bogor

149/TBA-1001buku
Beranda Buku - Bale Endah, Bandung

15001/TBA-1001buku
RBM Kali Atas - Cicalengka Wetan, Kab. Bandung

15002/TBA-1001buku
Rumah Belajar YPAB - Kebon Melati, Tanah Abang

15003/TBA-1001buku
Pinggir Sawah Sekolah Komunitas - Cimanggu, Cilacap

15004/TBA-1001buku
TBM Pustaka Keliling Adil - Sidoarum, Sleman, Yogyakarta

15005/TBA-1001buku
Rompok Layung - Sindangsari, Lebak, Banten

15006/TBA-1001buku
TBM Latifah - Ds. Kertawangi, Bandung Barat

15007/TBA-1001buku
TBM Madani - Ds. Sutoragan, Purworejo

15008/TBA-1001buku
Rumah Kreatif Sahabat Nusantara - Pulau Ende, NTT

15009/TBA-1001buku
Sudut Baca Al-Syifa - Ereng-ereng, Bantaeng, Sulsel

15011/TBA-1001buku
TBM Bunga Tanjung - Duren Jaya, Bekasi Timur

15012/TBA-1001buku
Petualang Ilmu - Tapian Napuli II, Sibolga, Tapanuli Tengah

15014/TBA-1001buku
Taman Pintar Pergerakan Muda Mudi Depok - Sawangan Baru, Depok

15015/TBA-1001buku
TBA Go to Reading - Aek Pining, Batangtoru, Tapanuli Selatan

15016/TBA-1001buku
TBA Melati - Batu Hula, Batangtoru, Tapanuli Selatan

15017/TBA-1001buku
TBA Cahaya Ilmu - Hapesong Baru, Batangtoru, Tapanuli Selatan

15018/TBA-1001buku
TBA Mawar - Napa, Batangtoru, Tapanuli Selatan

15019/TBA-1001buku
Rumah Baca Dunia - Perum Puri Dinar Mas, Tembalang, Semarang

15020/TBA-1001buku
Rumah Baca Bumi Matahari - Desa Balapulang Wetan, Balapulang, Tegal

15021/TBA-1001buku
Taman Bacaan KUDI - Pegalongan, Patikraja, Banyumas

15022/TBA-1001buku
Kampoeng Batja - Jember

15023/TBA-1001buku
Taman Baca Pesona 2 - Desa Cilebut Barat, Kec. Sukaraja, Kab. Bogor

15024/TBA-1001buku
Taman Belajar Timothy - Desa Silaumalaha, Pematang Siantar

15025/TBA-1001buku
Skhola KAI - Komp Galangan Kapal, Makassar

15026/TBA-1001buku
Rumah Baca Asmanadia Tasikmalaya - Desa Kertamukti, Tasikmalaya

15027/TBA-1001buku
Taman Baca Perahu Kertas - Desa Pandansari, Purwokerto

15028/TBA-1001buku
TBM Raden Syahid - Desa Mojodelik, Bojonegoro

15029/TBA-1001buku
Aminhayati Library and Learning Community (ALC) - Depok - Abadi Jaya, Depok

15030/TBA-1001buku
Yayasan Cinta Baca - Jl. Raya Bogor Baru, Bogor

15031/TBA-1001buku
TBM Rumah Cahaya FLP Depok - Griya Lembah Depok, Depok

15032/TBA-1001buku
TBM Bintang Brilliant - Desa Puncangro , Kalitengah, Lamongan

15034/TBA-1001buku
Community Development Fakultas Teknik UNJ - Kebon Jeruk, Cipinang Besar Utara, Jatinegara

152/TBA-1001buku
PCCC Pacitan - Pacitan Lorok

158/TBA-1001buku
Rumah Baca Surya Asih - Karang Tengah, Tangerang

163/TBA-1001buku
Baiturrahman - Desa Mekarsari, Cicurug, Sukabumi

165/TBA-1001buku
Sanggar 46 - Ciheuleut, Bogor

166/TBA-1001buku
Warasaqie (Warung Anak Sakinah) - Desa Barengkok

168/TBA-1001buku
Rumah Siput - Cadasari, Pandeglang

173/TBA-1001buku
Pondok Maos GUYUB - Desa Bebengan, Boja, Kendal

174/TBA-1001buku
Taman Bacaan Kusuma Bongas - Desa Bongas Pentil, Bongas, Indramayu

180/TBA-1001buku
Pondok Baca Griya Ilmu - Curug, Tangerang

185/TBA-1001buku
Taman Baca khadijah Aisyah - Petukangan Selatan, Jakarta Selatan

187/TBA-1001buku
Sanggar Akar - Cipinang, Jakarta Timur

191/TBA-1001buku
Taman Baca Anak Nyiur - Pulau Tidung, Kepulauan Seribu

194/TBA-1001buku
Tunas Mulia Portal Infaq Bantar Gebang - Bantar Gebang, Bekasi

197/TBA-1001buku
Perpustakaan Bina Insan Mandiri - Pancoran Mas, Depok

204/TBA-1001buku
Bintang Gading - Pondok Permata Sari, Bogor

212/TBA-1001buku
Al FIrdaus Child Centre - Tegal Pete, Bogor

215/TBA-1001buku
Pustaka Bina Putera - Desa Rancasumur, Kopo, Serang

220/TBA-1001buku
Taman Baca Masyarakat Arjasari (Dapur Buku) - Arjasari, Bandung

222/TBA-1001buku
Istana Rumbia - Leksono, Wonosobo

225/TBA-1001buku
Perkumpulan Panca Karsa - Ampenan, NTB

227/TBA-1001buku
Perpustakaan Anak Wayang Indonesia - Mergangsang, Yogyakarta

241/TBA-1001buku
Perpustakaan Umum Mitra Tema - Imogiri, Bantul

242/TBA-1001buku
Perpustakaan Umum Rumah Baca Milik Kita - Danguran Kidul, Klaten Selatan, Klaten

243/TBA-1001buku
Perpustakaan Umum Sekolah Masyarakat Desa (Semasa) - Tirtonirmolo, Bantul

244/TBA-1001buku
Perpustakaan Umum TBM Satu Sembilan - Patangpuluhan, Yogyakarta

245/TBA-1001buku
Pondok Baca Arcamanik - Arcamanik, Bandung

270/TBA-1001buku
Perpustakaan MitraNetra - Lebak Bulus, Jakarta Selatan

299/TBA-1001buku
Pos Perpustakaan - Pesona Anggrek Harapan, Bekasi

303/TBA-1001buku
TBM Ratubagus - Cipare, Serang

307/TBA-1001buku
Taman Bacaan Ceria Jatibening - Jatibening Baru, Bekasi

309/TBA-1001buku
Pondok Baca AJAR - Boja, Kendal

310/TBA-1001buku
PERPUSTAKAAN DOMPET SOSIAL ALKAUTSAR(DSAK) - Warudoyong, Jatinegara, Jakarta Timur

311/TBA-1001buku
Saung Manca - Gunung Jati, Tasikmalaya

319/TBA-1001buku
Perpustakaan Yappika - Pedati Raya, Jakarta Timur

322/TBA-1001buku
Perpustakaan Rumah Pintar 'Mentari' - Desa Sumber Rahayu, Sleman, Yogyakarta

324/TBA-1001buku
Samas7 (Sanggar Mekar Asri 7) - Desa Laksana Mekar, Padalarang, Bandung Barat

326/TBA-1001buku
TBM Fatahilah - Komp. Bulak Rantai, Jakarta Timur

338/TBA-1001buku
Rumah Belajar Komunitas Leuwidulang - Leuwidulang, Pameungpeuk, Bandung

340/TBA-1001buku
TB Zhaffa - Menara Air, Jakarta Selatan

341/TBA-1001buku
Saung Baca Kadeudeuh - Perbawati, Sukabumi

360/TBA-1001buku
TBA Garuda - Makassar, Jakarta Timur

365/TBA-1001buku
Perpustakaan Keliling Bali - Pulau Nusa Penida, Bali Selatan

367/TBA-1001buku
Al Marjani - Parungpanjang, Bogor

368/TBA-1001buku
TBA El Mumtaz - Parungpanjang, Bogor

369/TBA-1001buku
TBA Sahabat - Kampung Baru, Jakarta Barat

370/TBA-1001buku
Perpustakaan Panti Asuhan Yayasan Istiqomah - Pancoran, Jakarta Selatan

371/TBA-1001buku
Rumah Baca Eyang - Rawakuning, Jakarta Timur

372/TBA-1001buku
Pawon Buku - Jiput, Pandeglang, Banten

373/TBA-1001buku
Taman Bacaan Anak Cerah - Rorotan Cilincing, Jakarta Utara

374/TBA-1001buku
TBM Saung Manggar - Pondok Kelapa, Jakarta Timur

375/TBA-1001buku
TBM Balai (LPM-UIJ) - Matraman, Jakarta Timur

377/TBA-1001buku
Taman Bacaan Anak Melati - Pitara, Depok

378/TBA-1001buku
Kampung Buku - Cibubur, Jakarta Timur

379/TBA-1001buku
Rumah Baca Al Karimah - Utan Kayu Selatan, Jakarta Timur

380/TBA-1001buku
Rumpin Auladina - Perum Way Kandis, Lampung

381/TBA-1001buku
Perpustakaan Sikamali - Soppeng, Sulawesi Selatan

382/TBA-1001buku
Rumah Baca Radhina - Cilangkap, Jakarta Timur

383/TBA-1001buku
Taman Bacaan Rumah Pelangi - Cibungbulang, Dramaga, Bogor

384/TBA-1001buku
Taman Bacaan Nurul Islam - Ngawen, Gunung Kidul, DIY

385/TBA-1001buku
TBM Rumahgunung - Purworejo, Jawa Tengah

386/TBA-1001buku
Rumah Baca Asah Asih Asuh - Ds. Banjareja, Kebumen, Jawa Tengah

387/TBA-1001buku
Perpustakaan Sophia - Tentena, Sulawesi Tengah

391/TBA-1001buku
TBM Cahaya - Brangsong, Kendal, Jawa Tengah

392/TBA-1001buku
TBM Pondok Baca 1000 Mimpi - Mijen, Semarang

393/TBA-1001buku
Rumah Tukik - Anyer, Banten

396/TBA-1001buku
Aminhayati Library and Learning Community (ALC) - Karang Bahagia, Cikarang Utara, Bekasi

397/TBA-1001buku
Taman Baca Cakruk Sinau - Pandean, Nganjuk

398/TBA-1001buku
Rumah Baca Mentari (RBM) - Desa Gayam, Ngasem, Bojonegoro

401/TBA-1001buku
Teras Baca Jatikramat - Jatiasih, Bekasi

402/TBA-1001buku
Taman Baca Rissa - Bangli, Bali

403/TBA-1001buku
La Rumba Waikawining - Waingapu, Sumba Timur, NTT

405/TBA-1001buku
Perpustakaan Komunitas Iqra - Barru, Sulawesi Selatan

406/TBA-1001buku
Taman Baca 'Moco Bareng' - Desa Sambirejo, Tanjunganom, Nganjuk

407/TBA-1001buku
Rumba 'Anugrah' - Waingapu, Sumba Timur, NTT

408/TBA-1001buku
Rumba 'Hawila' - Waingapu, Sumba Timur, NTT

409/TBA-1001buku
Rumba 'Pa'aingu' - Waingapu, Sumba Timur, NTT

410/TBA-1001buku
Nurul Hikmah - Bawang, Batang, Jateng

411/TBA-1001buku
Rumah Cerdas Kreatif - Jatisampurna, Bekasi

415/TBA-1001buku
Perpustakaan Babul Ilmu - Purworejo, Jawa Tengah

416/TBA-1001buku
AR-ROFFIU Book Kids - Ds Ciawigebang, Kuningan, Jawa Barat

419/TBA-1001buku
Kasepuhan Adat Ciptagelar - Sukabumi, Jawa Barat

421/TBA-1001buku
Taman Baca Ceria - Manyaran, Wonogiri

423/TBA-1001buku
Panggung Baca - Pasar Minggu, Jakarta

424/TBA-1001buku
Perpustakaan Komunitas - Tegalsari, Banyuwangi

425/TBA-1001buku
Rumah Cerdas - Cibadak, Tangerang

426/TBA-1001buku
Rumah Baca Gang Masjid (RBGM) - Jombang, Jawa Timur

427/TBA-1001buku
Teras Maca - Pondok Kacang, Bintaro, Tangerang

436/TBA-1001buku
TBM Puspita - Singorojo, Kendal

440/TBA-1001buku
Pedalaman Sabah - Pedalaman Sabah, Malaysia

448/TBA-1001buku
TBM Ar Rasyid - Cileungsi, Ciawi, Bogor

449/TBA-1001buku
TBM Kedai Proses - Komp Pendidikan, Lebak, Banten

450/TBA-1001buku
Taman Baca K3 - Komunitas Kp Kramat - Kampung Kramat, Cililitan, Jakarta

451/TBA-1001buku
Rumah Baca Abata - Gowa, Sulawesi Selatan

452/TBA-1001buku
Griya Baca Abu Kus (Anak Bumi Kita untuk Semua) - Gondek, Jombang

454/TBA-1001buku
Nurul Falah - Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan

455/TBA-1001buku
Rumah Baca Harapan (RUBAH) Pinrang - Pinrang, Sulawesi Selatan

456/TBA-1001buku
TBM Cemade (Cerah Masa Depan) - Desa Gilang, Tulungagung, Jawa Timur

458/TBA-1001buku
Perpustakaan Az Zahroh - Pandeyan, Boyolali, Jawa Tengah

459/TBA-1001buku
Taman Baca Sahabat Ilmu - Sibolga, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

461/TBA-1001buku
Sudut Baca Soreang - Kp Ciwaru, Soreang, Bandung

462/TBA-1001buku
RB Asma Nadia Ciranjang - Cibiuk Ciranjang, Cianjur Jawa Barat

464/TBA-1001buku
RBB Lentera Ilmu - Ds. Keras, Jombang, Jawa Timur

465/TBA-1001buku
Rumah Baca Asma Nadia Majalengka - Ds. Ligung, Majalengka, Jawa Barat

466/TBA-1001buku
Rumah Baca Umi Grand Bekasi - Grand Bekasi, Bekasi

467/TBA-1001buku
Spot Baca RBGM Sambisari - Dsn. Sambisari, Ceweng, Jombang, Jawa Timur

468/TBA-1001buku
Spot Baca RBGM Sukowati - Dsn. Sukowati, Gudo, Jombang, Jawa Timur

469/TBA-1001buku
Puri Pintar - Sasakpanjang, Tajurhalang, Bogor

470/TBA-1001buku
Rumah Baca Dusun Slatung - Dsn. Slatung, Tlogoagung, Lamongan, Jatim

471/TBA-1001buku
Rumah Baca Sindang - Desa Sindang, Dukuhwaru, Tegal

472/TBA-1001buku
Rumah Cerdas Kirana - Cisoka, Solear, Tangerang

473/TBA-1001buku
Rumah Cerdas Cisoka - Cisoka, Tangerang

474/TBA-1001buku
Rumah Cerdas Solear - Kp. Pesanggrahan, Solear, Tangerang

475/TBA-1001buku
Rumah Ilalang - Kepuk, Jepara, Jateng

476/TBA-1001buku
Rumah Baca Lentera Ilmu - Ds. Bontoramba, Bajeng, Sulsel

477/TBA-1001buku
RB Asma Nadia Tanjung - Kp. Tanjung, Desa Sukamantri, Cianjur, Jabar

479/TBA-1001buku
Rainbow Reading Corner - Ngemplak, Semarang

482/TBA-1001buku
PKBM Alkaromah - Ds. Karangtanjung, Cililin, Jabar

483/TBA-1001buku
Rumah Buku Ken Maos - Perum Bukit Asri, Lerep, Ungaran, Jateng

484/TBA-1001buku
Sudut Baca Lentera Dunia - Desa Gondek, Mojowarno, Jombang, Jatim

485/TBA-1001buku
TBM Jendela KU - Komp Gading Tutuka, Soreang, Bandung

486/TBA-1001buku
PKBM TBM PAUD Ar-Rozaq - Desa Cic. Girang, Sindangkerta, Kab. Bandung

487/TBA-1001buku
Bale Baca Al Basyar - Kp Margagiri, Margatani, Serang Banten

488/TBA-1001buku
Rumah Baca Mentari - Desa Gondek, Mojowarno, Jombang, Jatim

489/TBA-1001buku
Abukus Elqori Reading Corner - Desa Watugaluh, Diwek, Jombang, Jatim

490/TBA-1001buku
Taman Bacaan Insani Excellent - Desa Gadungan, Gandusari, Blitar, Jatim

491/TBA-1001buku
Perpustakaan Cerdas - Desa Bluru Kidul, Sidoarjo, Jatim

492/TBA-1001buku
Jendela Dunia - Pekalongan, Jateng

493/TBA-1001buku
TBM RNPP (Remaja Nanggulan Peduli Pendidikan) Salatiga - Nanggulan, Salatiga, Jateng

494/TBA-1001buku
TBM Armada Ilmu - Dsn Ringin Putih, Tulungagung, Jatim

495/TBA-1001buku
Rumah Buku - Cibolerang, Majalengka, Jabar

496/TBA-1001buku
Komunitas Baduy Membaca - Kp Balingbing, Leuwidamar, Banten

498/TBA-1001buku
TBM Bumi Baca Rancaekek - Griya Utama Rancaekek, Bandung

500/TBA-1001buku
TBM Annaafi - Plumutan, Bancak, Semarang

502/TBA-1001buku
TBM Sehati - Ds. Pasirhuni, Cimaung, Bandung Jabar

503/TBA-1001buku
TBA Tanwirul Qulub - Ds. Tanggungan-Baureno, Bojonegoro, Jatim

505/TBA-1001buku
Rumah Sains dan Baca Amalia - Ciampea, Bogor

506/TBA-1001buku
Taman Baca Sekar Education - Ds Dayeuh, Cileungsi, Bogor

507/TBA-1001buku
TBM An Nur - Ds Bebel, Wonokerto, Pekalongan, Jateng

508/TBA-1001buku
TBA PAUD Isykarima - Bangsri, Jepara, Jateng

509/TBA-1001buku
TBM Getah Gembul - Ds. Linggar, Rancaekek, Bandung

510/TBA-1001buku
TBM Bina Agro Wisata - Cibodas, Lembang, Jabar

512/TBA-1001buku
Graha Pelangi - Citeureup, Ciruas, Serang

514/TBA-1001buku
TBM Al Faruq - Ds. Bakom, Kec. Darma, Kuningan, Jabar

515/TBA-1001buku
Balai Pustaka Harapan Kita - Ds. Mekar Mukti, Cihampelas, Kab. Bandung Barat

516/TBA-1001buku
TBM Dhido - Cipagalo, Bojongsoang, Kab. Bandung

517/TBA-1001buku
Perpustakaan Markaz Islam Bogor - Baranangsiang, Bogor Timur

518/TBA-1001buku
TBM AS Lebakwangi - Lebakwangi, Arjasari, Kab. Bandung

519/TBA-1001buku
Rumah Baca Asma Nadia Leles - Ds. Sukamanah Karangtengah, Cianjur

520/TBA-1001buku
Taman Bacaan Cahaya Umat - Gedong Jetis, Klaten, Jateng

521/TBA-1001buku
Perpustakaan Sanggar Anak Studio Biru - Prambanan, Sleman DIY

522/TBA-1001buku
TBM Iqra - Banyuwangi, Bandongan, Magelang

523/TBA-1001buku
TBM C-Book (Ciwidey Membaca) - Ciwidey, Kab. Bandung

524/TBA-1001buku
TBM An-Nuur - Ds. Pungpungan, Bojonegoro

525/TBA-1001buku
Rumah Baca Prabu Kresna - Dsn Congol, Kec. Suruh, Kab. Semarang

526/TBA-1001buku
SIMBA (Rekreasi di Taman Baca) - Kp. Kupu, Pasir Putih, Sawangan Depok

527/TBA-1001buku
TBM Cerdas Mandiri - Ds. Purwosari, Kec. Comal, Pemalang

528/TBA-1001buku
TBM Cibungur - Kp. Cibungur, Batujajar, Kab. Bandung

529/TBA-1001buku
Sekolah Rakyat - Bojong, Pekalongan, Jateng

530/TBA-1001buku
Rumah Baca Miftahul Huda - Rejosari Gondek Mojowarno, Jombang

531/TBA-1001buku
TBM Al Azzam - Ds. Celak, Gununghalu, Bandung Barat

532/TBA-1001buku
TBM Bina Kreasi Muda - Ds. Cijambu, Kaadakajaya Tanjungsari, Sumedang

533/TBA-1001buku
Rumah Baca Nurul Quran - Ds. Kedaton, Lerankulon Palang, Tuban Jatim

534/TBA-1001buku
Rumah Baca FwE (Fun With English) - Karet Tengsin, Jakarta Pusat

537/TBA-1001buku
Lentera Hati - Tanjung Palas Timur, Bulungan, Kalimantan Utara

538/TBA-1001buku
Cinta Baca - 7 Ulu, Palembang

539/TBA-1001buku
Pelangi Impian - Mekarsari, Pasirjambu, Kab. Bandung

540/TBA-1001buku
TBM Wijaya Kusuma - Ngemplak, Sleman, DIY

541/TBA-1001buku
Gubug Baca Ayateellah - Bantul, DIY

542/TBA-1001buku
Ekshar - Ds. Kedungwaringin, Bojonggede, Bogor

543/TBA-1001buku
TBM Pondok K-Mu - Ds. Poncol, Pekalongan

544/TBA-1001buku
TBA Al-Hidayah - Ds. Partawangunan, Kec. Kalimanggis, Kuningan

545/TBA-1001buku
Rumah Baca Komunitas Cendana - Mar'ang, Pangkep, Sulawesi Selatan

546/TBA-1001buku
Rumah Baca Puspa - Ds. Lewunitug, Sentul, Bogor

547/TBA-1001buku
Kampoeng Baca Masalembu - Pulau Masalembu, Sumenep, Madura

550/TBA-1001buku
RB Inspirasi - Walen, Boyolali, Jawa Tengah

551/TBA-1001buku
Taman Bacaan Rumah Siput - Desa Dolog Mariah, Simalungun, Sumatera Utara

552/TBA-1001buku
TBM Bacalah - Ds. Kedungsari, Bojonegoro

553/TBA-1001buku
TBM Ciluncat Membaca - Ds. Ciluncat, Cangkuang, Bandung

554/TBA-1001buku
Rumah Baca Asma Nadia Garut - Kp. Hegarmanah, Kadungora, Garut

555/TBA-1001buku
Perpustakaan Widyatama - Krajan, Kretek, Bantul

556/TBA-1001buku
Rumah Baca Amany - Bumi Parahyangan Kencana, Kab. Bandung

557/TBA-1001buku
TBM Rumah Hebat Indonesia - Rejosari, Banjarsari Surakarta

558/TBA-1001buku
Taman Baca Madani - Desa Wanio, Panca Lautang, Sidrap

559/TBA-1001buku
Rumah Belajar dan Pustaka Sahabat Kecil - Ds. Gunung Remuk, Banyuwangi

560/TBA-1001buku
Taman Baca Nasyiah - Pejagoan, Kebumen

561/TBA-1001buku
Rumah Baca Asma Nadia Al-Anwar - Desa Leuwiseeng, Majalengka

562/TBA-1001buku
Ulil Albab - Lembarawa, Brebes

563/TBA-1001buku
TBM Bintang - Ds Bongor, Desa Taman Ayu, Lombok Barat

564/TBA-1001buku
Rumah Baca Pustaka Ilmu - Margaasih, Bandung

565/TBA-1001buku
Rumah Baca Nasywa - Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten

566/TBA-1001buku
TBM Cipta Mandiri - Komp BPK Soreang, Kab. Bandung

567/TBA-1001buku
Taman Bacaan Perigi - Kedaung Sawangan, Depok

568/TBA-1001buku
TBM Oase - Kp. Cibunar, Tanjungwangi, Bandung Barat

569/TBA-1001buku
Rumah Baca Ahad - Purbayan Kotagede, Yogyakarta

570/TBA-1001buku
Bale Baca Edelweis - Jatiarjo, Prigen Pasuruan

571/TBA-1001buku
TBM Yamin Library - Kp Bojong Monyet, Rancaekek, Kab. Bandung

572/TBA-1001buku
Rumah Belajar Bibinoi - Desa Bibinoi Bacan Timur Tengah, Labuha, Maluku Utara

573/TBA-1001buku
Rumah Baca Kai Cantigi - Kp Pojok Girang, Lembang, Bandung Barat

575/TBA-1001buku
Omah Dame - Jekulo, Kudus

576/TBA-1001buku
Rumah Baca Puspa 2 - Perum Citayam Permai, Bojong Gede, Bogor

577/TBA-1001buku
Rumah Baca Asma Nadia Azza Kirana Solear - Ds. Pasanggrahan, Kec. Solear, Kab. Tangerang

578/TBA-1001buku
Taman Bacaan Kembar - Jombor Ceper, Klaten

579/TBA-1001buku
Rumah Baca Asma Nadia Malang - Bantur, Kab. Malang

580/TBA-1001buku
Taman Bacaan Parigel - Ds. Neglasari, Banjar

581/TBA-1001buku
RUJAK (Rumah Imajinatif dan Kreatif) - Ds. Bone, Kec. Bajeng, Gowa, Sulsel

582/TBA-1001buku
Taman Baca Bumi Bersama - Sidoarum Godean, Sleman

583/TBA-1001buku
Taman Bacaan Pustaka Ilmu - Trawas, Mojokerto

584/TBA-1001buku
Abatasa - Rancaseneng, Cikeusik, Pandeglang

585/TBA-1001buku
Perpustakaan Mini Anas bin Malik Kokowa - Bajeng Barat, Sugguminasa, Gowa, Sulsel

586/TBA-1001buku
TBM Bukit Baca Taman Firdaus - Ds. Ciluluk, Cikancung, Kab. Bandung

587/TBA-1001buku
Perpustakaan Taman Ilmu Masyarakat (TIM) - Buduran, Sidoarjo

588/TBA-1001buku
Griya Waos D'Age - Kalikotes, Klaten

589/TBA-1001buku
TBM Kasih - Maubeli, Timor Tengah Utara, NTT

590/TBA-1001buku
Pondok Baca Palem (Peduli Pendidikan Anak Lembata) - Lamalera, Lembata, NTT

591/TBA-1001buku
Rumah Baca Asma Nadia Bojong Herang - Bojong Herang, Cianjur

592/TBA-1001buku
Rumba Mambaul Huda - Desa Karanglo, Mojowarno, Jombang

593/TBA-1001buku
Rumba TPQ Assalam - Dsn Ngelo, Desa Gondek, Mojowarno, Jombang

594/TBA-1001buku
Rumah Baca Al-Mumtaz - Ds Kertamukti, Haurwangi, Cianjur

595/TBA-1001buku
Taman Bacaan Ulil Albab - Lembarawa, Brebes

596/TBA-1001buku
Rumah Baca Aulia Permata - Nanggulan, Salatiga, Jateng

597/TBA-1001buku
TBM Puspa Warna - Kel. Noborejo, Argomulyo, Salatiga

598/TBA-1001buku
Skholaografi Komunitas Skholatanpabatas - Makassar, Sulawesi Selatan

599/TBA-1001buku
Rumah Baca Kita (RuBaTa) - Desa Cangkringrandu, Jombang

600/TBA-1001buku
RB Cindta Angel - Jogosetran, Kalikotes, Klaten

601/TBA-1001buku
RBA Kucica Palasah - Ds. Cisambeng, Majalengka

602/TBA-1001buku
RB Asma Nadia Cibatu Garut - Ds. Sindangsuka, Cibatu, Garut

603/TBA-1001buku
Rumah Baca Impian - Kedung Waringin, Bojonggede, Bogor

604/TBA-1001buku
Nanda Alam Wathon Almadani - Kebontemu, Peterongan, Jombang

605/TBA-1001buku
Pondok Baca An-Nida - Sudirman, Salatiga

607/TBA-1001buku
PKBM TBM Berdikari - Ds. Sukamanah, Bandung Barat

608/TBA-1001buku
Taman Bacaan LENTERA - Ds. Kalinegoro, Mertoyudan, Magelang

609/TBA-1001buku
Sopo Belajar Lontung - Ds. Parbalohan, Samosir, Sumut

610/TBA-1001buku
Rumah Baca DAULANG - Ds. Tanjungwangi, Kab. Bandung

611/TBA-1001buku
Perpustakaan Anak Maleber - Kel. Garuda, Bandung

612/TBA-1001buku
Rumah Belajar Merah Putih - Dsn. Kedawong, Diwek, Jombang

613/TBA-1001buku
Taman Baca Mataana - Dsn. Waitiu, Lewolema, Larantuka, NTT

614/TBA-1001buku
Rumah Ilmu Insan Mulia - Ds. Sumbermiri, Nganjuk

615/TBA-1001buku
GARASI (Ruang Belajar dan Berkreasi) - Perum Jatinegara Baru

616/TBA-1001buku
Komunitas Keleput Bakung (KOLENG) - Ds. Metun Sajau, Bulungan, Kalimantan Utara

617/TBA-1001buku
Rumah Kamonesan - Komp Bumi Asri, Bandung

618/TBA-1001buku
TBM Mentariku - Tulung, Klaten

619/TBA-1001buku
Rumah Baca Gang Lima - Perum Kota Serang Baru, Bekasi

620/TBA-1001buku
Perpustakaan Cahaya Ilmu - Ds. Pabuaran, Panjalu, Ciamis

621/TBA-1001buku
TBM AIUEO Komunitas Ngejah - Kp. Sukawangi, Singajaya, Garut

622/TBA-1001buku
Rumah Baca Asma Nadia Bangkalan - Kr. Kemasan, Blega, Madura

623/TBA-1001buku
RUMAN (Rumah Baca Aneuk Nanggroe) Aceh - Ds. Punge, Jaya Baru, Banda Aceh

624/TBA-1001buku
Kandang Baca 96 - Kp Sanding, Bojongnangka, Bogor

625/TBA-1001buku
Rumah Baca Sentong - Jl Sutoyo, Sentong, Jember

626/TBA-1001buku
Taman Baca Namu Angu - Kambajawa, Sumba Timur, NTT

627/TBA-1001buku
Rumah Baca El Liwa - Ds. Tamiajeng, Trawas, Mojokerto

628/TBA-1001buku
TBM Mekar Sari - Beran, Blora

629/TBA-1001buku
TBM Bhakti Mandala Muda - Kp Sekeloa, Bandung Barat

630/TBA-1001buku
Perpustakaan Masyarakat Flamboyan - Jl Sumatera, Pekalongan

631/TBA-1001buku
Rumah Singgah Sakinah - Bukit Duri, Tebet

632/TBA-1001buku
Sanggar Qurani Al Faatih - Desa Karangrejo, Magetan

633/TBA-1001buku
TBM Podho Nderes - Ds. Pacul, Bojonegoro

634/TBA-1001buku
Kampung Maca - Kp. Nangoh Babakan, Caringin, Bogor

635/TBA-1001buku
Rumah Baca Hudhud - Perum Bumi Citeureup Asri, Bogor

636/TBA-1001buku
Rumah Baca Al Huda - Catak Gayam, Mojowarno, Jombang

637/TBA-1001buku
Tresna Sinau - Ds. Kaliwedi, Banyumas

638/TBA-1001buku
Sciena Madani - Pesantren Cinta dan Karya - Genuk, Semarang

639/TBA-1001buku
Taman Baca Bilik Atikan Al-Bayan Aziziyah - Ds Maruyung, Pacet, Kab. Bandung

640/TBA-1001buku
Rumah Daanish Aniq - Ds. Karanglo, Mojowarno, Jombang

641/TBA-1001buku
Rumba Arimbi Syukur - Ds. Ngrimbi, Kec. Bareng, Jombang

642/TBA-1001buku
TBM Cahaya Ilmu MKB - Ds. Mekar Baru, Tangerang

643/TBA-1001buku
Intelligence Quality - Dk. Gemblung, Sukolilo, Pati

644/TBA-1001buku
House of Dream - Kampung Lio, Depok

645/TBA-1001buku
Rumah Baca Iqro' - Ds Mojogeneng, Mojowarno, Jombang

646/TBA-1001buku
Taman Baca Pintar Krandon - Sidorejo, Batang

647/TBA-1001buku
TBM Sanggar Baca Sukaraja - Kp Sukaraja, Kec. Solokan, Kab. Bandung

648/TBA-1001buku
Rumah Belajar Muallaf - Landak, Kalimantan Barat

649/TBA-1001buku
SouNombaca - Palu, Sulawesi Tengah

650/TBA-1001buku
Pondok Buku Genitri - Ds. Angkah, Tabanan, Bali

651/TBA-1001buku
Nurul Fikri - Kutowinangun Tingkir, Salatiga

652/TBA-1001buku
Taman Belajar Al Masroor - MT Haryono, Madiun

653/TBA-1001buku
Sanggar Tunas Banyuwangi - Desa Patoman, Rogojampi, Banyuwangi

654/TBA-1001buku
Perpustakaan DKM I Sabilul Huda - Ds. Cileungsir, Rancah, Ciamis

655/TBA-1001buku
Rumah Baca Bunda Prikitiw - Mutiara Jaya, Cibitung, Bekasi

656/TBA-1001buku
Rumah Literasi Banyuwangi - Ds. Gunung Remuk, Desa Ketapang, Banyuwangi

657/TBA-1001buku
Sahabat Kecil - Ds. Gunung Remuk, Desa Ketapang, Banyuwangi

658/TBA-1001buku
Pustaka Jana - Perum Permata Candi Permai, Ds. Alasbuluh, Banyuwangi

659/TBA-1001buku
Rumah Baca Gerbang Kreatif - Krajan Kalipuro, Banyuwangi

660/TBA-1001buku
Rumah Baca Maulana - Sumbermulyo Pesanggaran, Banyuwangi

661/TBA-1001buku
People Education Center - Ds. Paliran Barat, Dingojuruh, Banyuwangi

662/TBA-1001buku
Rumah Baca Komplet - Desa Bunder, Babat, Banyuwangi

663/TBA-1001buku
Rumah Baca Manbaus Salam - Desa Kendalrejo, Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi

664/TBA-1001buku
Rumah Baca Asma Nadia Girimukti - Kp Cikunir Jakamulya, Bekasi Selatan

665/TBA-1001buku
Saung Tinta - Desa Caringin, Kab. Bogor

666/TBA-1001buku
Rumah Pintar Amanah - 0

667/TBA-1001buku
Oemah Bejo - Wangon, Banyumas

668/TBA-1001buku
Perpustakaan Siraru - Bungbulang, Garut

669/TBA-1001buku
Rumah Baca Matahari - Kepulauan Botang Lomang, Maluku Utara

Lokasi Rumah 1001Buku


Jika anda dari arah Pancoran, masuk ke Jl Saharjo, di perempatan Basuki Rahmat jalan terus. Sekitar 100m ambil U turn untuk berbalik arah (jangan berbalik arah di tempat yang tidak diperbolehkan), lalu langsung belok kiri, masuk ke Jl. Barkah. Silakan terus masuk hingga menemui masjid Asy Syafiah di sebelah kiri. Lewati masjid dengan mengikuti jalan ke kiri dan ke kanan, jalan terus hingga ujung. Di pertigaan yang anda temui, belok ke kanan ke Jl. Bukit Duri Barat, lalu belok ke kiri menuju SMP YWKAI. Lokasi Rumah 1001buku berada di sebelah kiri anda setelah melewati jembatan.

Contact Information


Website   : http://www.1001buku.or.id
Email      : amaerithia@yahoo.com
Twitter   : @1001buku



0 komentar:

Post a Comment