Thursday, November 12, 2015

Pemahaman Fiqih - Islam Adalah Agama toleransi

Hay sahabat HIY apa kabar? Lama gak nyapa maklum mahasiswa sok sibuk hehe! Kali ini kita akan berbagi pengetahuan tentang "islam adalah agama toleransi" inspirasi ini kita dapat dari seorang ustad sekaligus dosen pembimbing kita dalam mata kuliah fiqih Drs.M.Legawan isa.MHI
Ustad legawan mengatakan fiqih bukan hanya suatu hukum atau aturan, tetapi sebuah juga sebuah pemahaman dalam segala aspek seluk beluk agama kita. Kami mendapatkan pencerahan yang berbeda dari beliau tentang pelajaran fiqih yang beliau sampaikan. Beliau mengatakan bahwah islam adalah agama yang penuh toleransi.

Benar saja islam tidak pernah memberatkan pemeluknya terutama dalam beribadah. Contohnya solat jika tidak mampu berdiri boleh duduk, jika tidak boleh duduk boleh  berbaring jika dalam perjalanan solat bisa di kodohkan begitupun puasa tidak diharuskan bagi orang yang sedang sakit atau berada dalam perjalanan, naik haji pun hanya diwajibkan bagi yang mampu. Segalanya dilakukan sebisa dan semampu kita itulah islam adalah agama yang sangat toleransi.

Islam tidak mempermasalahkan perbedaan mazhab atau pendapat yang terpenting dari segalanya adalah tidak meninggalkan kewajiban dan menjaga uhkuwwah sesama muslim. Dalam hadisnya rasulullah bersabda "tidak masuk surga seorang hamba jika mereka tidak saling menjaga silaturahmi" saat terjadi perselisihan antara dua sahabat rasulullah tidak menyalahkan siapapun dia hanya diam. Jika rasulullah diam berarti tidak ada yang salah atau boleh semua disebut juga dalam istilah "taqrirliyah" tujuan rasulullah adalah untuk menjaga silaturahmi antar sahabat agar tidak terjadi perpecahan. karena itu kita sesama muslim pun harus senantiasa menjaga silaturahmi agar tidak terjadi perpecahan.

Jika kita memahami fiqih kita akan mengetahui betapa agama kita penuh dengan toleransi saat hendak melaksanakan solat namun tidak menemukan air kita diperbolehkan tayamum menggunakan debu dan pasir, saat kita berpuasa dan tidak sengaja memakan sesuatu itu tidak membatalkan. Apapun segala sesuatunya yang dilakukan secara ketidak sengaja atau karena kebetuhan hukumnya tidak berdosa atau tidak membatalkan ibadah kita. sungguh luar biasa toleransi islam dalam segala aspek ibadah.

 Namun meskipun agama kita penuh dengan toleransi kita tetap memiliki kewajiban dan tidak boleh meninggalkanya dengan sengaja.
 Solat lima waktu adalah perkara wajib yang tidak boleh ditinggalkan. haram hukumnya meninggalkan salat fardu dengan sengaja terkecuali ketiduran atau keterdesakan tapi kita tetap wajib mengodoh solat fardu kita. Ustad legawang mengatakan sekalipun sudah tengah hari jika kita belum solat subuh tetap wajib! Untuk solat.begitupun dengan solat yang lain wajib qodohkan.
 Begitupun dengan puasa ramadhan sekalipun saat itu kita dalam keadaan berhadas ( uzur bagi wanita ) dan saat itu kita dalam keadaan sakit sehingga tidak bisa berpuasa tetap wajib! Untuk dibayar diluar bulan ramadhan.

Solat,puasa,zakat-fitrah adalah ibadah mutlak dan tidak boleh ditinggalkan! Rukun islam adalah pokok ajaran kita beragama islam, bertanda bahwa kita umat islam adalah dengan memenuhi kewajiban dalam rukun islam "islam berarti patuh" patuh berati mengerjakan segala yang ada tampa sanggahan terkecuali yang ke lima naik haji hanya bagi yang mampu. Begitupun dengan rukun iman "iman berarti percaya" terdiri dari eman perkara yaitu percaya kepada allah,malaikat,rasul,kitab allah,hari kiamat, qodoh dan qodar. Definisi iman menurut agama islam adalah di ucapkan dengan lisan di yakini dalam hati dan dilakukan dengan perbuatan. Kita dapat dikatalan beriman apabila telah memenuhi kriteria iman dan islam.

Agama islam adalah agama toreransi tidak ada paksaan di dalamnya rasulullah menyebarkan agama islam dengan metode dakwah menggunakan pedomanan tuntunan langsung dari allah melalui Al-Qur'an. Sungguh jika kita memahami agama islam kita akan merasa beruntung dilahirkan dalam agama yang paling benar yang tujuannya mensucikan hati, jasmani dan rohani.
Setiap ibadah yang kita jalankan bukan perbuatan yang sia-sia terdapat manfaat dalam setiap ibadah yang kita lakukan baik itu wuduh,salat,puasa,sedekah dan segala sunnah. Untuk itu marilah teman kita tingkatkan ibadah kita tetap istiqomah dan khusuk agar kita dapat merasakan manfaatnya dan nikmatnya beribadah.

Terimakasih kepada ustad legawan yang telah memberikan pemahaman islam dalam mata kuliah fiqih yang beliau berikan hingga kami menyadari bahwa islam adalah agama yang penuh dengan hikmah dan toleransi.

0 komentar:

Post a Comment