Friday, October 23, 2015

Keistimewaan bulan Muharram

Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender hijjiriah berdasarkan peredaran bulan menurut islam, sama seperti kalender masehi tahun hijjiroah terdiri dari dua belas bulan. Empat di antaranya di sebutkan dalam Al-Qur'an sebagai bulan suci "di antara ke dua belas bulan itu ada pada hari allah menciptaka  langit dan bumi empat bulan yang di sucikan yaitu zulqaidah,zulhijjah,muharram dan rajab"

Keutamaan bulan muharram

Adapun ke utamaan amalan yang di anjurkan pada bulan muharram adalah banyak berpuasa dan bersedekah. Karena bulan muharram adalah bulan pengampunan dosa.
Pada 10 muharram di sebut sebagai hari 'Asyura hari anak yatin sedunia. Pada hari itu di anjurkan berpuasa 'Asyura dan bersedekah serta mengusap kepala anak yatim insha allah sedekah yang di berikan akan menjadi berkah dalam harta kita serta puasa pada 10 muharram bagaikan penghapus dosa selama satu tahun.
Di anjurkan juga berpuasa pada satu hari sebelum 'Asyura ( 9 muharram )  dan satu hari setelah 'Asyura (11 muharram) tiga hari berturut-turut. Maka pahalanya sama dengan puasa selama 700 tahun. Subahanallah

Sayangnya kami terlambat memposting ini karena 10 muharram jatuh pada hari jum'at tanggal 23 Oktober 2015 dan hari ini adalah 11 muharram ( 24 Oktober 2015 ) tapi jangan kawatir karena masih ada puasa-puasa lain yang di anjurkan pada bulan muharram yaitu.
 senin-rabu ,13-15 Muharram ( 26-28 oktober 2015 ) puasa sunnah senin dan puasa Ayyam al bidh atau hari pengampunan dosa di anjurkan pada tengah bulan muharran selama tiga hari berturut-turut.
Kamis, 16 muharram ( 29 oktober 2015 ) hari di mana malaikat turun ke bumi untuk menyaksian siapa yang beramal pada hari itu di anjurkan juga untuk bangun di 1/3  malam untuk melaksankan karena malam itu adalah diangangkat segala amal perbuatan manusia.

Sekian dulu dari kami , semoga kita dapat memanfaatkan momen keistimewaan pada bulan suci yang penuh dengan barokah ini. Still have Opportonty!! Mari berlomba-lomba dalam kebaikan dan mari saling mengingatkan




0 komentar:

Post a Comment